Air Minum Mineral Dan Demineral

  • Home
  • /
  • News
  • /
  • Air Minum Mineral Dan Demineral

tap-water-VS-bottled-waterAir minum yang baik dan sehat tentu sangat mendukung proses-proses dalam tubuh, entah itu air mineral maupun air demineral. Biasanya banyak orang menganggap bahwa air minum sama dengan air mineral. Padahal air minum juga ada yang demineral artinya mineral-mineral yang terkandung dalam air itu telah didistilasi atau disaring sehingga mineral yang terkandung didalamnya hilang. Air ini juga sering disebut sebagai AIR MURNI. Dikarenakan masih banyak masyarakat yang masih awam mengenai perbedaan dari Air Minum Mineral Dan Air Minum Demineral.maka di artikel ini saya berusaha untuk memberikan sedikit informasi mengenai 2 jenis perbedaan tersebut.

AIR MINUM MINERAL

Air Minum Mineral dikategorikan sebagai jenis air minum yang masih mengandung mineral ikutan (masih terikat selama proses produksi) dengan kandungan garam, sulfur, dan gas-gas yang larut dalam air ini.jenis produk air minum mineral ini diaplikasikan oleh pabrik Air Minum Dalam Kemasan dan depot air minum dalam kemasan (AMDK). Jenis treatment seperti ini tetap saja mengacu pada parameter standrat sesuai dengan peraturan yang berlaku (misal : SNI untuk AMDK,Permenkes untuk Depot , dll sesuai kebutuhan dan kegunaan air).
Dimana jika tubuh kita kekurangan zat-zat ini maka tubuh akan bermasalah, karena tubuh kita membutuhkan banyak mineral, misalnya kita butuh kalsium untuk pertumbuhan, zat besi untuk pembentukan sel darah merah, dan lain sebagainya. Tubuh kita tidak mampu memproduksi mineral-mineral itu sendiri, oleh karena itu kita harus mendapatkannya dari luar tubuh, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi air mineral. Sedangkan air demineral yang sudah melalui tahap penyaringan, destilasi dan lain sebagainya tidak kalah bermanfaat daripada air mineral, karena air demineral atauAIR MURNI ini telah melalui beberapa proses pengolahan, maka logam atau mineral yang terkandung dalam air tersebut bisa HILANG. Jadi bisa dipastikan bahwa air ini juga LAYAK DIKONSUMSI dan BEBAS DAR ZAT-ZAT BERBAHAYA.

AIR MINUM DEMINERAL

Air Minum Demineral merupakan jenis air minum yang tidak lagi mengandung mineral ikutan / mineral tambahan selama proses produksi. Air jenis ini diperoleh melalui proses pemurnian seperti destilasi (pemisahan zat-zat kimia), deionisasi (menetralisasi ion positif dan negatif), Reverse Osmosis (pemurnian) atau proses yang setara dan aman untuk diminum. Zaman dulu orang melakukannya dengan meminum air embun apabila dalam kondisi sakit dengan tujuan penyembuhan. Tubuh manusia membutuhkan mineral organik yang didapat dari sayuran dan tumbuhan. Sementara mineral yang ada dalam air biasa adalah mineral anorganik yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh. Mineral jenis ini membuat sel tubuh bekerja lebih berat. Karenanya,  minum air yang tidak mengandung mineral atau sedikit mineral akan lebih bermanfaat bagi kesehatan.

PRO KONTRA

Dewasa ini Pro-Kontra antara air yang seharusnya diminum semakin banyak diperbincangkan. Banyak pihak yang mengklaim bahwa air minum yang mengandung mineral jauh lebih bermanfaat bagi tubuh, karena tubuh kita juga membutuhkan mineral untuk melakukan proses metabolisme, justru kalau air minum yang dikonsumsi tidak mengandung mineral akan berbahaya bagi tubuh karena tubuh akan sulit melakukan metabolisme. Namun tak sedikit juga yang mengklaim bahwa air minum Demineral lah yang banyak manfaatnya bagi tubuh, karena mineral yang terkandung dalam air itu jika menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh, banyak pihak yang menyebutkan bahwa mineral tak harus didapatkan dari air yang diminum, melainkan bisa dari daging, buah dan sayur-sayuran yang dikonsumsi.

Masalah air minum ini kadang sering diabaikan oleh sebagian besar masyarakat. Padahal masalah air minum ini merupakan masalah yang PENTING , dikarenakan menyangkut kelangsungan hidup manusia, karena air adalah salah satu kebutuhan manusia untuk bisa melangsungkan kehidupannya,seperti yang dituliskan dalam buku Pedoman Mutu Air Minum. “penyakit yang berkaitan dengan air minum merupakan beban utama bagi kesehatan manusia. Intervensi untuk memperbaiki kualitas air minum memberi keuntungan yang signifikan bagi kesehatan“.

PERTIMBANGAN

Pada akhirnya tubuh jelas membutuhkan mineral untuk melancarkan proses yang terjadi didalamnya, di dalam tubuh kita pasti ada proses metabolisme tubuh, proses itu membutuhkan mineral sebagai kofaktor. Kalau kofaktor ini kurang, maka metabolisme akan terganggu.Tetapi, bagi beberapa orang yg mengidap penyakit tertentu, asupan mineral harus dibatasi. Sehingga air minum demineral sangat disarankan untuk orang-orang yang mempunyai penyakit tertentu tersebut.

Dengan meningkatnya tingkat polusi yang berpengaruh dari limbah industri dan lain halnya.maka mengkonsumsi air minum yang mengandung sedikit mineral akan lebih bermanfaat.Asupan Mineral yang terkandung dalam sayur-sayuran juga dapat digunakan untuk metabolisme tubuh.bahkan jenis sayur-sayuran pun sebenarnya sudah mengandung mineral tambahan (pupuk/obat semprot lainnya).

Intinya , Air Minum Mineral diproses tanpa adanya limbah buangan.Jadi misalkan air baku 1.000 liter maka air produksi (siap minum) pun tetap 1.000 liter (hanya melewati serangkaian treatment yang berfungsi untuk mengurangi jumlah zat terlarut dalam air sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh).

Berbeda dengan Air minum Demineral (RO) dari air baku 1.000 liter maka air hasil produksi (siap minum) hanya masuk sekitar 250 liter , dan sisa 750 liter (perkiraan) dikembalikan lagi di dalam tanah.Air hasil produk tadi merupakan AIR MURNI yang dimana mineral baik maupun mineral yang tidak baik tidak lagi terkandung di dalam air demineral.

PENUTUP

Apabila Saya disuruh memberi jawaban “lebih baik mana” antara air minum mineral atau air minum demineral.maka Saya hanya bisa memberi 2 jawaban

  1. “Semua itu tergantung sudut pandang anda masing-masing, dan saya hanya penyedia filter air yang hanya dapat memberi solusi sesuai dengan kebutuhan anda”.
  2. ” Kedua jenis air tersebut walau diproses dengan cara yang berbeda bentuk akhirnya pun masih AIR (kalo jadi emas saya pilih yang emas,hehe…)”.

Disini saya hanya dapat mengingatkan kembali “AIR ITU PEMBERIAN TUHAN DAN SEBENARNYA GRATIS”.buktinya , selama ini tidak pernah ada pungutan pajak AIR dari YANG KUASA bukan?

Akhir kata , Pilihlah menurut kata hati dan logika anda.Yakinkan bahwa air yang anda konsumsi merupakan salah satu anugerah yang TERBAIK dari TUHAN kepada umatnya yang diberikan secara cuma-cuma dan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Terimakasih

www.tirtaabadi.com